Selasa, 29 Desember 2009

Belajar dari Pohon Pisang


Pohon pisang atau orang jawa menyebutnya “gedang”merupakan salah satu jenis tumbuhan yang diciptakan Allah yang bermanfaat bagi manusia. Karena pohon pisang sangat bermanfaat, orang menanam pohon ini di kebun, sawah, tegal atau pekarangan orang. Selain punya rasa buah yang enak, ternyata kita juga dapat belajar dari pohon pisang. Sebab belajar adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Sejak dari tingkatan paling rendah sampai dengan paling tinggi, disadari maupun tidak semua melakukan kegiatan belajar.Namun tidak setiap orang belajar dapat dengan mudah memahami materi belajarnya.
  1. Pohon pisang mempunyai daun lebar yang selain dipakai untuk membungkus makanan seperti bakmi, nogosari, pecel, bisa dipakai sebagai payung atau perlindungan dari guyuran air hujan maupun terik matahari yang panas. Sebagai manusia kita harus mengayomi atau melindungi. Maka tak heran jika orang jawa menyebut gedhang = “gegayuhane dhasar ngayomi” yang artinya cita-citanya menjadi pelindung.
  2. Pernahkah Anda memotong pohon pisang? Pohon pisang bila dipotong sebelum menghasilkan buah, akan tumbuh lagi, lagi dan lagi sampai menghasilkan buah yang manis baru kemudian mati. Hal ini mengisyaratkan pada kita untuk pantang menyerah dan mundur sebelum tercapainya tujuan. Apalagi untuk tujuan yang mulia.
  3. Coba perhatikan lagi pohon pisang. Pohon pisang telah punya anak-anak yang siap menggantikannya sebelum mati. Anak-anak pisang inilah yang akan menghasilkan buah yang manis dan mengandung vitamin kalau kita konsumsi. Sebagai manusia kita juga jangan lupa dengan generasi muda. Jadilah pribadi yang patut di teladani kemudian bimbinglah mereka menjadi generasi penerus yang tangguh, berguna bagi nusa dan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar