Selasa, 29 Desember 2009

Belajar dari Buah Semangka



Tumbuhan semangka merupakan salah satu tumbuhan ciptaan Allah. Tumbuhan ini tumbuh subur di daerah tropis. Jika dikonsumsi, rasa buahnya sungguh enak sekali. Apalagi dikonsumsi dikala panas terik matahari. Rasanya nikmat sekali.
Perhatiknalah tanaman semangka. Tanaman itu kecil, tidak sekuat pohon kelapa. Dia tumbuh menjalar di tanah dan daunnya bahkan batangnya mudah untuk dimakan kambing atau sapi. Berbeda dengan kelapa yang tumbuh tinggi. Kambing atau sapi tak akan cukup meraihnya. Batangnyapun keras,gigi  mereka tak akan mampu mengunyahnya. Namun mampu menghasilkan buah yang ukurannya tidak kalah dengan buah kelapa namun rasanya manis.
Manusia yang oleh Allah diciptakan sebagai makhluk yang diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah surat At-Tiin Ayat 4; “Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. Manusia memiliki akal, pikiran, kecerdasan, nafsu yang kesemuanya itu jika dioptimalkan akan mampu menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfaat. Lihatlah tanaman semangka, meski tubuhnya kecil namun buahnya besar, berkali-kali lipat ukuran tubuhnya.
Karena itu jangan sia-siakan pemberian Allah ini. Yakinlah bahwa kita dirancang dan diciptakan sedemikian rupa sempurnanya bukan untuk kalah dan bukan pula untuk gagal tapi kita diciptakan untuk mampu menghasilkan sesuatu dan berhasil. Tanamkan pada diri sendiri bahwa “SAYA HARUS BISA…!!!”. Karena tidak ada alasan untuk mengatakan “tidak”. Kita telah diberi modal yang luar biasa oleh Allah. Allah berfirman dalam Q.S. Ar Ra’d ayat 11;“…..Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri……..”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar